Kriuknya Kerupuk Sari Kentang Khas Malang - Kota Batu

OLEHKHASMALANG - Oleh-oleh khas Malang dan khas Kota Batu yang patut dilirik dan dicoba adalah kerupuk sari kentang. Meski namanya sari kentang, bahan utama kerupuk ini, sekitar 80 persen, adalah singkong. Untuk itulah dinamakan kerupuk, bukan keripik (keripik kentang berbahan kentang asli yang diproses dan dikeringkan).

Cara membuat kerupuk sari kentang cukup mudah. Namun resep dan komposisi tepatnya disimpan rapat-rapat oleh para perajin. 

Tahap pertama, singkong atau ketela pohon dikupas. Lalu diparut, dicampur dengan adonan tepung terigu dan kentang. Ada tambahan kentang inilah yang menjadikan kerupuk berbahan singkong ini diberi nama kerupuk sari kentang. Setelah itu, ditambahkan juga beberapa bumbu seperti garam, gula, bawang putih dan penyedap.

Tahap berikutnya, adonan dikukus, dipotong dan dicetak membentuk lingkaran. Selanjutnya dioven selama selama tujuh jam. Tahap akhir adalah dijemur di bawah terik matahari.
Kerupuk sari kentang matang. (Foto: olehkhasmalang.com)

Dalam satu hari, perajin kerupuk sari kentang dapat memproduksi 2,5 kuintal kerupuk mentah per hari. Kerupuk singkong mentah ini dijual ke berbagai kota, seperti Malang Raya, Surabaya, Jakarta, Banyuwangi, dan Bali.

Bagaimana rasanya? Karena bahan utamanya singkong, maka rasa singkong lebih mendominasi. Namun berbeda dengan kerupuk singkong atau kaspe pada umumnya, rasa kerupuk sari kentang tidak melulu singkong. (Sulit dijelaskan dengan kata-kata...).Teksturnya juga lebih kriuk dan renyah. Tampilannya pun tidak coklat seperti kerupuk kaspe pada umumnya. 

Tertarik? silahkan berburu kerupuk sari kentang khas Malang - Kota Batu. 

Post a Comment

0 Comments